• Follow me on Twitter

Perihal Manusia 1

[QS. Al Infitar  ayat 6 dan 7]

Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu yang maha pemurah.”

 “Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu  dan menjadikan (susunan tubuhmu) seimbang.”

Cara kerja tubuh manusia benar-benar seimbang, tanpa keseimbangan tubuh manusia hanyalah mahluk lemah, bagaimana cara tubuh menjaga keseimbangan terungkap oleh para ilmuwan, seperti berikut ini :

Keseimbangan Suhu :

Bila suhu tubuh memanas maka kelenjar keringat akan mengeluarkan lebih banyak air dari biasanya, keluarnya air kepermukaan kulit akan mendinginkan kulit karena proses penguapan. Begitu pula dengan pembuluh darah yang melebar bila suhu tubuh naik, menyebabkan lebih banyak darah naik kepermukaan untuk di dinginkan oleh udara.  Sebaliknya bila suhu tubuh menurun pembuluh darah akan menyempit  sehingga lebih sedikit darah yang mengalir kepermukaan untuk di dinginkan.

Satu helai rambut terdiri dari akar dan batang yang muncul kepermukaan kulit melalui lapisan epidermis, akar rambut tertanam dalam lubang yang disebut Folikel, saat udara  dingin otot halus yang menempel pada Folikel mengerut , membuat bulu berdiri, hal ini menyebabkan lapisan udara yang menyentuh tubuh terperangkap di antara rambut yang berdiri, sehingga membantu mempertahankan hangatnya tubuh dari udara dingin, tetapi bila angin menghembus keluar udara yang terperangkap tersebut, udara dingin akan kembali di rasakan, namun tubuh manusia masih memiliki penyekat suhu lain yaitu jaringan lemak atau jaringan Adipos.

 Sel-sel darah beredar melalui pembuluh darah mengangkut zat makan dan oksigen bagi sel-sel tubuh lain, selain menjadi alat transportasi darah juga membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh dengan membawa panas dari bagian tubuh yang panas ke bagian tubuh yang dingin.

Hormon:

Setiap hari hormon-hormon kita  dengan tekun mengawasi  dan menyeimbangkan kerja tubuh , dan selalu siap siaga untuk memberikan bantuan di saat-saat kritis, contoh : bila kita minum air terlalu banyak, hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus memerintahkan ginjal untuk membuang kelebihan air tersebut.

Hormon lain yang bernama insulin mengatur keseimbangan pemakaian jumlah gula dalam hati, agar dapat menghasilkan tenaga , panas, dan lainnya

Bila kita sedang ketakutan, marah, atau gembira, hormon adrenalin dan noradrenalin menaikan kadar gula dalam darah dan mengalirkan darah dari alat-alat pencernaan ke otot-otot dan otak, sehingga memungkinkan tubuh mengatasi keadaan darurat seperti gangguan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: