Perihal Bumi

Para ahli geologi menggunakan lapisan batuan sedimen untuk menentukan pembagian zaman di bumi, perubahan waktu di masa lalu di tentukan dari fosil-fosil hewan yang di temukan pada lapisan batuan tersebut.  Skala waktu (zaman) yang di hasilkan hanya sampai sekitar 600 juta tahun lalu. Berikut ini adalah skala waktu geologi menunjukan zaman di bumi sekaligus memperlihatkan kehidupan dari tiap-tiap zaman.

  1. Zaman PRAKAMBRIUM  (4,5 milyar – 600 juta tahun lalu). Tidak banyak yang dapat kita ketahui pada zaman ini, jenis batuan pun hanyalah batuan beku dan metamorf dari hasil tekanan dan temperatur yang tinggi di saat bumi membentuk lempengan tektonis, berdasarkan perkiraan kandungan atmosfir bumi yang terdiri dari karbon dioksida dan uap air, serta di temukannya fosil ganggang laut yang telah berumur 3,4 milyar tahun, para ilmuwan berpendapat kehidupan bermula pada era ini.
  2. Zaman PALEOZOIKUM (600 – 225 juta tahun lalu). Paleozoikum adalah bahasa Yunani dari asal kata, Palaio “tua” dan Zoion “kehidupan” yang berarti kehidupan purba, zaman ini di penuhi oleh hewan-hewan laut hingga hadirnya hewan daratan seperti amphibi dan reptil.
  3. Zaman MESOZOIKUM (225 – 70 juta tahun lalu). Mesozoikum adalah bahasa Yunani dari asal kata, Meso “antara” dan Zoon “hewan” yang berarti hewan pertengahan antara zaman paleozoikum dan zaman kenozoikum, pada zaman mesozoikum daratan di dominasi oleh dinosaurus.
  4. Zaman KENOZOIKUM (70 juta – 10.000 ribu tahun lalu). Kenozoikum adalah bahasa Yunani dari asal kata, Kainos “baru” dan Zoion “kehidupan” yang berarti kehidupan baru, pada zaman kenozoikum hewan-hewan mamalia menggantikan dinosaurus yang punah karena bencana alam.
 –**–

[QS.  FUSHSHILAT ayat 10]

“dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh diatasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuninya) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya”.

–**–

Surat Fushshilat ayat 10 adalah petunjuk Allah tentang empat masa (zaman) di bumi berdasarkan kadar makanan penghuninya. Seperti penjelasan sebelumnya, empat zaman dalam skala waktu geologi mencerminkan perbedaan kehidupan pada masing-masing zaman; bermula dari bakteri dan ganggang laut di zaman Prakambrium, ikan dan hewan melata di zaman Paleozoikum, dinosaurus di zaman Mesozoikum, hingga kehadiran hewan-hewan mamalia di zaman Kenozoikum.

Kadar makanan seluruh spesies umumnya dapat di golongkan sebagai spesies pemakan tumbuhan (Herbivora), spesies pemakan daging (Karnivora), spesies pemakan segalanya (Omnivora), dan spesies pemakan sisa/bangkai (Detritivora) seperti cacing, bakteri, dan benalu. Perubahan zaman di bumi di tandai oleh punahnya beberapa spesies lama dan hadirnya beberapa spesies baru, di mana kehadiran spesies baru tentunya menjadi salah satu di antara keempat golongan itu. seperti yang di maksud dengan kalimat “Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuninya) nya dalam empat masa”.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: